ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KESEHATAN

Authors

  • Juliati koesrini ITSK RS dr. Soepraoen Malang
  • widia shofa ilmiah ITSK Rs dr Soepraoen

DOI:

https://doi.org/10.47794/jkhws.v11i02.51

Keywords:

kepuasan, mahasiswa kesehatan, model pembelajaran daring

Abstract

Pendahuluan: Kasus covid-19 di Indonesia terjadi sejak tahun 2020 berdampak  terhadap pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan secara daring. Dampak pembelajaran daring terhadap kepuasan mahasiswa sangat bervariasi, dan sebagian diantaranya merasa kurang puas. Tujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi professional dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan pembelajaran daring mahasiswa Kesehatan. Metode: Desain observasional dan pendekatan cross sectional, populasi yaitu seluruhnya terdiri dari mahasiswa semester genap ITSK RS  dr. Soepraoen sejumlah 1.953 orang yang tersebar di 11 program studi, sampel sejumlah 563, teknik convenience sampling, pelaksanaan pengumpulan data diawali dengan membagikan formulir informed consent dan google form, analisa data regresi linear berganda. Hasil: Skor dari koefisien regresi variabel kompetensi professional dosen (X1) terhadap kepuasan belajar mahasiswa (Y) (1.327) dengan konstanta 5.699. Hasil koefisien korelasi tentang kompetensi profesional dosen serta  kepuasan belajar mahasiswa (0.751), nilai p (0.000). Nilai koefisien regresi tentang fasilitas belajar (X2) terhadap kepuasan belajar (Y) (1,020) dengan konstanta 2.131 dan koef. Korelasi 0.671, nilai p (0,000). Koefisien regresi linear berganda memiliki konstanta sebesar 1.064. Nilai koefisien regresi kompetensi profesional dosen (X1) sebesar 0.974, nilai p (0.000). Kesimpulan: Ada pengaruh profesionalisme dosen yang didukung dengan fasilitas yang memadai terhadap kepuasan pembelajaran daring.

 

Published

2023-10-30

How to Cite

koesrini, J., & ilmiah, widia shofa. (2023). ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KESEHATAN. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 11(02), 201–209. https://doi.org/10.47794/jkhws.v11i02.51

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.